Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

Menteri PPPA Sebut Perempuan Punya Peran Penting Dalam Berbagai Bidang Pembangunan

Menteri PPPA Sebut Perempuan Punya Peran Penting Dalam Berbagai Bidang Pembangunan

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) baru saja menggelar webinar peringatan 'Hari Perempuan Internasional 2021'. Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan selama ini kaum perempuan terus berupaya menghadapi berbagai tantangan untuk memajukan kaumnya agar setara dengan kaum laki laki. Pada saat yang sama, perempuan juga turut berkontribusi dalam perjuangan bangsa.

"Di tengah berbagai tantangan yang harus perempuan hadapi untuk bisa mengejar ketertinggalan kaumnya sendiri, perempuan tidak pernah sekalipun absen untuk ambil bagian dalam upaya upaya perjuangan bangsa," ujar Bintang, dalam webinar bertajuk 'Perempuan Kebanggaan Indonesia, Perempuan Wirausaha', Senin (8/3/2021). Menurutnya, kaum perempuan yang mampu berdaya dan berjuang untuk mendorong perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan sesama, tentunya merupakan perempuan yang menjadi kebanggaan Indonesia. Karena itu, ia pun menegaskan terkait peran peran tersebut, maka program pemberdayaan perempuan merupakan hal yang sangat penting.

"Perempuan kebanggaan Indonesia adalah mereka yang terus berupaya mengusahakan yang terbaik untuk sesama, untuk bisa berdaya dan membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia. Inilah mengapa pemberdayaan perempuan sangatlah penting," kata Bintang. Pemberdayaan perempuan, kata dia, saat ini bisa dilakukan melalui pemberian akses bagi kelompok perempuan untuk bisa berkontribusi dalam berbagai bidang. "Dengan membuka peluang dan peran serta kelompok perempuan dalam berbagai bidang pembangunan termasuk ekonomi, kita secara tidak langsung mendorong distribusi sumber daya pembangunan lebih adil dan merata kepada seluruh lapisan," kata Bintang.

Perempuan yang berdaya dan memiliki peluang dalam mengakses berbagai bidang, tentunya akan mengikis budaya patriarki. Dibukanya akses kepada perempuan untuk ikut mendukung pembangunan bangsa, tentunya akan membuat mereka memiliki kesetaraan dengan kaum laki laki. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kekerasan hingga eksploitasi terhadap kaum perempuan dan anak.

"Adanya kesetaraan akan menihilkan berbagai dampak buruk yang muncul akibat mengakarnya budaya patriarki seperti kekerasan berbasis gender, perkawinan anak hingga praktek eksploitasi terhadap perempuan dan anak," tutur Bintang. Selain itu, kesetaraan gender dapat mendorong terciptanya lebih banyak perempuan yang membanggakan tanah air. "Pada akhirnya, kesetaraan akan menciptakan lebih banyak perempuan perempuan kebanggaan Indonesia," ujar Bintang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *