Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

Kronologi Penangkapan Sindikat Pencurian Tiang Telekomunikasi Milik PT Telkom di Lampung

Kronologi Penangkapan Sindikat Pencurian Tiang Telekomunikasi Milik PT Telkom di Lampung

Polres Lampung Selatan meringkus empat anggota sindikat pelaku pencurian tiang telekomunikasi milik PT Telkom. Sindikat ini biasa beraksi di Kecamatan Kalianda dan Sidomulyo. Empat pelaku yang diamankan yakni Candri (34), warga Kali Balok, Bandar Lampung; Ansori (37), warga Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung.

Berikutnya Masdani, warga Geruntang, Bandar Lampung; dan Rudiono (40), warga Jatimulyo. Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan AKP Try Maradona mewakili Kapolres AKBP Zaky Alkazar Nasution mengatakan, para pelaku diamankan Minggu (4/10/2020) dini hari. “Sebelumnya para pelaku telah melakukan pencurian tiang telekomunikasi di wilayah Kecamatan Kalianda dan Sidomulyo pada 20 September lalu,” ujar AKP Try Maradona, Senin (5/10/2020).

Try Maradona menuturkan modus para pelaku yakni menyamar menjadi petugas dengan mengenakan baju warna merah bertuliskan Telkomsel. Para pelaku lalu mengambil tiang besi dengan cara menggali tanah dan menghancurkan cor beton pada bagian dasar. Terungkapnya sindikat ini dikarenakan adanya laporan dari PT Tekom ke Polres Lampung Selatan.

“Pihak PT Telkom melaporkan kehilangan beberapa tiang telekomunikasi milik mereka ke Polres,” ungkap Try Maradona. Hasil dari penyelidikan polisi, ujar pria dengan pangkat balok tiga di pundak ini, didapatkan informasi pelaku pencurian merupakan sidikat spesialis pencuri tiang telekomunikasi. Selanjutnya dilakukan penyelidikan dan menangkap keempat pelaku di Pasar Jatimulyo.

Saat hendak ditangkap, para pelaku sedang merencanakan aksi pencurian yang sama di wilayah Kecamatan Katibung. Try Maradona melanjutkan dari hasil pemeriksaan sementara, para pelaku mengaku telah melakukan pencurian tiang milik PT Telkom sebanyak 6 kali dalam satu bulan terakhir. Dari para pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, seperti dua baju berwarna merah bertuliskan Telkomsel, linggis, satu truk Colt Diesel, serta 23 tiang milik PT Telkom.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *