Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

Informasi tentang Toyota Raize yang Harus Anda Ketahui

Informasi tentang Toyota Raize yang Harus Anda Ketahui

Informasi tentang Toyota Raize yang Harus Anda Ketahui – Mobil yang resmi diluncurkan di Indonesia pada 30 April 2021 dan diklaim berhasil mendapatkan respon positif dari komunitas ini, tampaknya mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin menggemari SUV.

Banyaknya angka penjualan juga membuat pelanggan harus memutar kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Pasalnya, bagi yang memesan mobil pada Mei 2021 harus menunggu minimal 2-3 bulan untuk mendapatkan Toyota Raize, tergantung varian dan harga yang dipilih.

Toyota Raize  Resmi Diluncurkan Dengan Spesifikasi dan Harganya

Dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), yang pada dasarnya adalah versi platform TNGA Toyota yang lebih terjangkau, Raize memiliki panjang 3.995mm, lebar 1.695mm, dan tinggi 1.620mm dengan jarak sumbu roda 2.525mm.

Meskipun ukurannya kecil, Raize dikatakan menawarkan kapasitas bagasi dan ruang interior terdepan di kelasnya. Volume ruang interior adalah 369 liter saat kursi berada di posisinya, tetapi volumenya mengembang saat kursi belakang dilipat.

Sumber tenaganya berasal dari mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc yang didukung oleh turbocharger dan dikawinkan dengan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission). Konfigurasi ini menandai pertama kalinya kendaraan Toyota menggunakan gearbox Daihatsu yang menggunakan penggerak sabuk dan roda gigi pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan efisiensi transmisi.

 

Mesin ini menghasilkan 97 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm, yang diklaim mampu memberikan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta irit bahan bakar dan performa yang tenang pada kecepatan tinggi.

Tampilan Toyota Raize

Di bagian belakang, Toyota juga menggunakan kombinasi lampu LED dan lampu sein.Tak hanya itu, Toyota Raize juga telah menggunakan velg berukuran 17 inci dengan desain silang yang membuatnya tampak seperti kipas berwarna hitam. Tentunya kehadiran velg tersebut membuat tampilan Toyota Raize semakin tangguh.  Sedangkan ground clearance Toyota Raize mencapai 200 mm yang terbilang cukup tinggi.

Interior Toyota Raize

Pada interiornya, Toyota Raize hadir dengan desain yang sebenarnya terbilang sederhana karena hanya mengandalkan satu warna saja, yakni hitam.  Namun, ada berbagai fitur menarik yang hadir di mobil ini. Mulai dari tombol pengaturan audio, cruise control, dan sebagainya di setir. Layar ini dilengkapi dengan fitur Radio, USB, Bluetooth dan dapat dihubungkan ke smartphone.

Spesifikasi Mesin Toyota Raize

Untuk opsi kedua yang sudah disiapkan Toyota adalah mesin dengan spesifikasi berkapasitas 1.200 cc, tiga silinder dengan kode WA-VE. Mesin ini memiliki diameter x langkah (bore x stroke) sebesar 73,5 mm x 94,1 mm dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi mencapai 112,7 Nm pada 4.500 rpm. Dengan pilihan mesin ini tentunya akan memudahkan pelanggan untuk memilih sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Varian dan Harga Toyota Raize

Toyota menyediakan cukup banyak pilihan varian Mobil Raize untuk pelanggan di Indonesia. Banyaknya pilihan tersebut diberikan guna memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk memilih varian yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Dan berikut rincian varian dan harga Toyota Raize 2021 terbaru:

  • 0T G M/T Satu Nada Rp228.400.000
  • 0T G M/T Dua Nada Rp230.800.000
  • 0T G CVT Satu Nada Rp242.100.000
  • 0T G CVT Two Tone Rp244.500.000
  • 0T GR CVT Satu Nada Rp254.000.000
  • 0T GR CVT Two Tone Rp256.300.000
  • 0T GR CVT TSS Satu Nada Rp273.700.000
  • 0T GR CVT TSS Two Tone Rp276.100.000
  • 2 G CVT Satu Nada Rp210.000.000
  • 2 G MT One Tone Rp224.100.000

Fitur Keselamatan Toyota Raize

Bisa dikatakan fitur keselamatan Toyota Raize cukup canggih, terutama untuk varian teratas.  Toyota Raize yang sudah menggunakan TSS ini sudah memiliki beberapa fitur keselamatan tercanggih seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, 6 D/P/S/C airbag, Rear Cross Traffic Alert dengan Blind Spot Monitoring, Front Departure Alert, Kontrol Pelayaran Adaptif, Kontrol Pra-Pelayaran.

Selain dapat mengintervensi roda kemudi untuk mengembalikan kendaraan ke jalur semula, fitur ini juga akan memberikan peringatan yang dapat didengar. Dengan demikian pengemudi akan lebih waspada saat berkendara.

Fitur lain yang menjadi perhatian adalah kehadiran Pedal Missoperation Control. Fitur ini berfungsi untuk mencegah kendaraan dari kecelakaan dengan menerapkan pengereman otomatis dan diperkuat dengan penambahan indikator dan suara.

Sistem Pre Collision juga telah dihadirkan Toyota pada mobil ini. Dengan ini, berkendara akan lebih aman karena dapat membantu pengemudi yang mengantuk atau melakukan aktivitas lain seperti menggunakan ponsel.

Karena fitur ini bisa memberikan informasi ada tidaknya kendaraan lain di belakang yang tidak terlihat di kaca spion. Namun tentunya ini akan memakan waktu yang lama untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya teknologi TSS saat berkendara.

Demikian pembahasan mengenai Toyota Raize, semoga artikel ini bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *