Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

Cara Membuat Kue Kering Sendiri di Rumah, Dilengkapi 6 Tips Agar Kue Kering Renyah

Cara Membuat Kue Kering Sendiri di Rumah, Dilengkapi 6 Tips Agar Kue Kering Renyah

Berikut ini cara membuat kue kering sendiri di rumah yang bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. Kamu bisa mencoba membuat olahan kue kering, seperti kue kering pisang cokelat dan kue kering dobel cokelat. Untuk kue kering pisang cokelat diolah menggunakan bahan bahan, seperti gula kering, kuning telur, pisang ambon, dan choco chips.

Cukup 60 menit, kamu bisa membuat kue kering pisang cokelat sebanyak 400 gram. Nah, agar kue kering renyah sebaiknya perhatikan takaran tepung, jangan tambahkan tepung lagi bila adonan lembek. Waktu: 60 Menit

Sajian: 400 Gram 100 gram margarin 60 gram gula tepung

1/4 sendok teh garam Buah kuning telur Buah pisang ambon, dihaluskan

1/8 sendok teh esens pisang 150 gram tepung terigu protein rendah Sendok teh baking bowder

50 gram choco chips 1. Kocok margarin, gula tepung, dan garam 3 menit, tambahkan kuning telur, dan kocok rata. 2. Masukkan pisang dan esens pisang, kocok rata.

3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata, masukkan choco chips dan aduk menyebar. 4. Sendokkan adonan di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin. 5. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat Celcius 25 menit hingga matang.

Waktu: 60 Menit Sajian: 550 Gram Bahan:

150 gram margarin 1/4 sendok teh garam 75 gram gula tepung

50 gram cokelat masak pekat, dilelehkan Butir telur 150 gram tepung terigu protein sedang

20 gram cokelat bubuk 20 gram susu bubuk 1/4 sendok teh baking powder

100 gram cokelat keping 1. Kocok margarin dan gula tepung 45 detik, tambahkan cokelat masak pekat, dan kocok rata. 2. Tambahkan telur kocok rata, masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.

3. Tambahkan cokelat keping dan aduk rata. 4. Sendokkan di loyang yang dioles margarin. 5. Oven 25 menit dengan suhu 150 derajat Celsius sampai matang.

Jika adonan kue terlalu lembek, takaran tepung jadi kuncinya dan jangan tambahkan tepung lagi. Cobalah bungkus dengan plastik, masukkan dalam kulkas. Setelah dimasukkan ke dalam kulkas, diamkan sekitar 1 2 jam sampai adonan agak mengeras dan bisa dicetak.

Saat membuat adonan kue kering, pastikan menggunakan telur yang baru. Kalau telur yang akan dipakai baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin, biarkan dulu beberapa saat. Tunggu sampai telur mencapai suhu ruangan.

Jangan pernah mencampur tepung sekaligus. 4. Kalau Harus Berhenti Membuat Kue Kalau terpaksa harus menghentikan pekerjaan membuat kue, segera masukkan adonan ke kantong plastik bersih atau wadah plastik.

Setelah itu, taruh di lemari pendingin. Kalau akan meneruskan membuat kue, keluarkan adonan, biarkan sampai 'lemas' atau enggak beku. Adonan bisa tahan disimpan beberapa hari di dalam kulkas. Kalau bisa, hindari membuat kue kering lebih dari satu resep.

Kalau adonan lebih dari satu resep, adonan yang belum tercetak akan menjadi keras. Akibatnya, yang terjadi adalah kue akan jadi kurang renyah. Kalau sudah telanjur mengocok adonan lebih dari satu resep, pisahkan adonan mentega dengan tepung terigu.

Caranya, ambil sebagian adonan, tuang sebagian tepung terigu, kemudian aduk rata. Setelah itu, cetak atau bentuk sesuai selera. Begitu seterusnya sampai adonan habis.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *