Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

BMKG Peringatan Dini Cuaca Minggu, 8 November 2020: Jawa Barat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

BMKG Peringatan Dini Cuaca Minggu, 8 November 2020: Jawa Barat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia untuk hari ini, Minggu (8/11/2020). BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang. Wilayah Banten dan Jawa Barat berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir.

Sementara itu, wilayah DKI Jakarta diperkirakan terjadi hujan hingga disertai angin kencang, kilat/petir. Angin kencang juga berpotensi terjadi di Maluku. Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.i d, Deputi Bidang Meteorologi, Sabtu (7/11/2020), menyampaikan adanya bibit siklon tropis 92W terpantau di perairan timur Filipina bagian tengah dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang dari perairan Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Kepulauan Sangihe dan Talaud hingga Samudra Pasifik timur Filipina.

Sirkulasi siklonik ini juga secara tidak langsung menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga pesisir timur Kalimantan Timur. Selain itu, terdapat Sirkulasi Siklonik pada lapisan 925 850 hPa di perairan timur Riau yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Semenanjung Malaysia bagian utara hingga perairan timur Semenanjung Malaysia bagian selatan. Sirkulasi siklonik lainnya pada lapisan 925 700 hPa berada di perairan barat Aceh serta di Samudra Hindia barat Bengkulu.

Adanya Sirkulasi siklonik mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) tersebut. Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang di Papua Nugini bagian barat hingga Teluk Cendrawasih bagian barat yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Daftar wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat

Riau Bengkulu Jambi

Sumatera Selatan Lampung Banten

Jawa Barat Kalimantan Barat Kalimantan Tengah

Kalimantan Utara Kalimantan Timur Kalimantan Selatan

Papua Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: DKI Jakarta

Nusa Tenggara Barat Wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang adalah: Maluku

Daftar wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir: Aceh Sumatera Utara

Sumatera Barat Riau Bengkulu

Jambi Sumatera Selatan Kep. Bangka Belitung

Jawa Barat Kalimantan Barat Kalimantan Utara

Maluku Utara Papua Barat Papua

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: Lampung Kalimantan Selatan

Kalimantan Timur Nusa Tenggara Barat Wilayah yang berpotensi angin kencang:

Sulawesi Barat Maluku


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *