Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

Bagaimana Cara Menghentikan Diare dengan Cepat? Coba Gunakan Bahan-bahan Ini!

Bagaimana Cara Menghentikan Diare dengan Cepat? Coba Gunakan Bahan-bahan Ini!

Bagi Anda yang terkena diare tentunya tak mampu melakukan aktivitas secara normal, karena harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar, tubuh menjadi lebih lemas dari biasanya bahkan tak jarang juga akan mengalami kekurangan cairan tubuh atau yang dikenal juga sebagai dehidrasi. Kondisi semacam ini tentunya wajib untuk diwaspadai, karena jika seandainya dibiarkan bisa saja semakin serius. Penyakit diare memang bukan sesuatu yang dapat disepelekan, karena jika terlambat dalam mendapatkan pertolongan maka nyawa yang akan menjadi taruhannya.

 

Dulunya penyakit yang satu ini bahkan pernah menjadi wabah yang mematikan, dengan angka penularan cukup tinggi bahkan juga kematiannya, dimana mayoritas memang terjadi pada bayi dan juga anak-anak. Ada baiknya bagi Anda untuk segera melakukan langkah pertolongan pertama sehingga nantinya penyakit tersebut tidak akan bertambah menjadi kian parah. Ada banyak cara menghentikan diare dengan cepat, diantaranya dengan mengandalkan bahan-bahan ini, yaitu:

 

1. Cuka apel

ilustrasi cuka apel

cuka dari buah apel ini sudah sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk diantaranya karena ia mengandung senyawa pektin yang efektif untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat dan juga meningkatkan bakteri baik yang ada dalam pencernaan Anda. Ia mampu untuk menghancurkan bakteri E.coli dan dapat mengobati penyakit diare.

2. Suplemen zinc

ilustrasi Suplemen zinc

diare pada bayi dapat dibantu pengobatannya menggunakan suplemen zinc, jenis suplemen yang satu ini sangat bagus dalam meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh, juga dapat melancarkan peredaran air maupun elektrolit yang ada dalam tubuh. Jadi masalah pencernaan nantinya juga akan berkurang dengan mengonsumsinya.

3. Suplemen probiotik

ilustrasi Suplemen probiotik

diare memang dapat terjadi karena sistem pencernaan yang mengalami masalah, apalagi saat jumlah bakteri baik yang ada disana berkurang, sehingga tidak mampu melawan bakteri jahat yang ada disana. Kehadiran suplemen yang satu ini secara efektif mampu untuk meningkatkan bakteri baik yang ada dalam sistem pencernaan. Jadi ampuh untuk mengurangi masalah diare yang Anda derita.

4. Teh jahe

ilustrasi teh jahe

jahe ini adalah rempah yang sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya, itulah mengapa ia banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal dalam dunia medis. Jahe ampuh untuk menenangkan perut yang melilit disebabkan oleh diare, juga dapat melawan bakteri penyebab penyakit pada saluran cerna tersebut. karena jahe memang dapat melawan bakteri E.coli maupun Listeria.

5. Chamomile dan akar marshmallow

ilustrasi Chamomile dan akar marshmallow

kombinasi dari kedua bahan herbal ini menciptakan manfaat yang luar biasa, termasuk diantaranya adalah bagi penderita diare, karena ampuh untuk mengobati penyakit tersebut. senyawa yang terkandung didalamnya efektif untuk mengatasi peradangan pada lapisan perut Anda karena diare.

6. Oralit

ilustrasi oralit

mudah sekali untuk dibuat di rumah, ini adalah bentuk pertolongan pertama bagi pasien yang memang sedang terkena penyakit diare. Karena memang oralit ini akan bekerja membantu menyeimbangkan kembali kadar elektrolit yang sebelumnya hilang efek buang air besar secara terus-menerus tersebut. juga akan mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa berdampak fatal.

 

Diare bukanlah sesuatu yang patut untuk disepelekan, sehingga harus segera diobati sebelum bertambah fatal, apalagi jika seandainya penyakit tersebut menyerang anak-anak dan bayi.

 

Jika Anda mencari informasi seputar diare yang lebih lengkap, Kami sarankan untuk membukan situs diarepedia, yaitu situs resmi untuk entrostop dari Kalbe Farma.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *