Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

5 Resep Masakan Berbahan Ikan, Ada Tongkol Bumbu Gulai, Dilengkapi Cara Goreng Ikan agar Tak Lengket

5 Resep Masakan Berbahan Ikan, Ada Tongkol Bumbu Gulai, Dilengkapi Cara Goreng Ikan agar Tak Lengket

Simak 5 resep masakan olahan berbadan dasar ikan berikut ini. Mengkonsumsi ikan sangat dianjurkan karena memiliki banyak vitamin yang berguna untuk tubuh. Ikan bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari dikukus, direbus hingga di goreng.

Makanan berbahan dasar ikan ini cocok untuk menu makan bersama keluarga atau pun untuk jamuan saat ada kerabat yang datang ke rumah. Tak hanya resep saja, tapi juga dilengkapi dengan tips agar menggoreng ikan tidak lengket di wajan. Waktu:30 Menit

Sajian:3 Porsi Ekor ikan layur, potong 3 cm 1/2 sendok teh air jeruk nipis

1/2 sendok teh garam Lembar daun salam Batang serai, memarkan

Lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, sobek sobek Buah tomat, potong potong 1/2 sendok teh garam

1/2 sendok teh gula pasir 50 ml air 500 ml minyak, untuk menggoreng

Butir bawang merah Buah cabai merah keriting Buah cabai merah besar

Buah cabai rawit merah 1. Lumuri ikan layur dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Goreng sampai berkulit. Angkat. Tiriskan. 2. Tumis bumbu tumbuk kasar, daun salam, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk sampai layu.

3. Masukkan ikan layur goreng. Bubuhi garam dan gula pasir. Aduk rata. 4. Tuang air. Masak sampai meresap. Waktu: 60 Menit

Sajian: 6 Porsi Ekor (750 gram) ikan tongkol, dipotong 6 bagian 1/2 sendom teh garam

Sendok teh jeruk nipis Lembar daun salam Batang serai, dimemarkan

500 ml santan encer, dari perasan santan kental 1/2 sendok teh garam Sendok teh gula pasir

200 ml santan kental, dari 1 butir kelapa Sendok makan minyak goreng, untuk menumis 500 ml minyak, untuk menggoreng

Cm kunyit, dibakar Butir kemiri, disangrai Buah cabai merah keriting

Buah cabai merah besar 10 butir bawang merah Siung bawang putih

1/2 sendok teh merica bubuk Cm jahe 1. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit.

2. Goreng ikan dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai berkulit. 3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum. 4. Tuang santan encer, garam, dan gula pasir. Aduk sampai mendidih.

5. Tambahkan ikan. Masak sampai matang dan meresap. Tuang santan kental. Masak lagi sampai mendidih. 45 Menit Porsi

300 gram ikan nila fillet, potong ikan 2×2 cm, 100 gram tepung maizena 1/2 buah bawang bombay, cincang halus

Buah tomat, rebus, kupas, buang biji, cincang 200 ml air Sendok makan saus tomat

3/4 sendok teh garam 1/2 sendok teh merica bubuk 1/2 sendok teh gula pasir

Sendok teh oregano Sendok teh basil 1. Saus, tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan tomat. Aduk rata. Tambahkan air. Aduk hingga mendidih.

2. Tambahkan saus tomat, garam, merica, gula, oregano, dan basil. Aduk hingga meletup letup. Sisihkan. 3. Gulingkan ikan di atas tepung maizena. Goreng sampai kecokelatan. 4. Sajikan ikan dengan saus.

30 Menit Porsi Ekor ikan mujair, bersihkan

1/4 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica bubuk Sendok teh air jeruk nipis

100 ml air 500 ml minyak, untuk menggoreng Cm kunyit, bakar

Butir bawang merah Siung bawang putih 1/4 sendok teh ketumbar

Buah cabai merah besar, goreng Siung bawang putih, goreng 1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh gula pasir Sendok teh air jeruk limau 1. Campur bumbu halus, garam, merica, air jeruk nipis, dan air. Aduk rata.

2. Lumuri campuran bumbu halus ke seluruh badan ikan. Diamkan 30 menit. 3. Goreng ikan di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. 4. Sajikan mujair goreng bersama sambal bawang putih.

45 Menit Porsi 400 gram ikan kakap fillet

400 gram kentang, bersihkan, Sendok teh air jeruk lemon Sendok teh garam

1/4 sendok teh merica bubuk 100 gram tepung terigu Sendok makan maizena

Sendok teh baking powder 1/2 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica bubuk

200 ml air es 1/2 putih telur, kocok mengembang Sendok makan saus tomat

Buah jeruk lemon, potong potong 1. Lumuri ikan dengan air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk. Diamkan 15 menit. 2. Goreng kentang di dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat. Taburi 1/4 sendok teh garam. Sisihkan.

3. Pencelup, aduk rata tepung terigu, maizena, baking powder, garam, dan merica. Tuang air es. Aduk rata. Tambahkan putih telur. Aduk rata. Sisihkan. 4. Gulingkan ikan di atas bahan pelapis. Celupkan ke dalam bahan pencelup. 5. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

6. Sajikan ikan dengan kentang goreng dan bahan pelengkap. Salah satu alasan utama ikan menempel dipenggorengan adalah ikan dibalik saat belum kering betul. Ikan yang masih basah ini membuatnya jadi lebih rentan lengket dan hancur kalau dipaksa dibalik.

Jadinya, jangan balik ikan jika sisi ikan yang menempel di wajan belum benar benar kering. Biasanya, ikan goreng pasti dibumbui dulu sebelum digoreng. Nah, ternyata bumbu pada ikan juga bisa mempengaruhi apakah ikan akan menempel di wajan, lo.

Bumbu tersebut adalah bumbu yang punya rasa manis seperti gula atau kecap manis. Rasa manis tersebut bisa menjadi karamel dan karenanya bisa membuat ikan menempel di penggorengan. Jika ingin menambah rasa, Anda bisa merendamnya dalam kecap asin atau kecap ikan.

Mau lebih aman lagi? Gunakan wajan antilengket saja saat menggoreng ikan. Wajan antilengket tentu saja menjamin ikan tidak akan menempel pada penggorengan. Pada dasarnya, minyak menyiprat saat menggoreng ikan terjadi lantaran kondisi ikan yang sangat basah.

Karena itu, sebaiknya ikan jangan dibumbui dengan bahan bahan yang terlalu basah misalnya air asam jawa. Ikan baiknya hanya dibumbui bahan kering seperti garam, lada dan gula. Kecap asin pun masih oke karena penggunannya yang tidak sebanyak air asam jawa.

Selain itu, pastikan kita meniriskan ikan dengan betul setelah mencucinya. Mau lebih aman lagi? Tinggal tutup wajan penggorengan selama menggoreng ikan. Hasilya, ikan goreng tidak akan menyipratkan minyak lagi, deh.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *