Blog Informasi Gaya Hidup Sehat

5 Jenis Sarapan untuk Menutrisi Otak

5 Jenis Sarapan untuk Menutrisi Otak

Sarapan merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan. Sarapan juga menjadi salah satu kunci agar rutinitas sehari-hari berjalan dengan baik. Menu sarapan yang sehat akan memberikan nutrisi pada otak sehingga Anda menjadi produktif dan fokus dalam melaksanakan aktivitas harian.

Berikut lima makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan karena dapat menutrisi otak

Telur

Dalam makanan tersebut banyak terkandung kolin. Salah satu bentuk dari vitamin B itu berperan penting untuk otak dan meningkatkan memori. Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan kaya kolin memiliki kemampuan verbal serta daya ingat yang lebih baik. Telur juga menyediakan protein tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Roti gandum serta hasil olahan lain dari biji-bijian

Produk biji-bijian mengandung karbohidrat yang nantinya diubah menjadi glukosa. Selain itu dalam biji-bijian juga terkandung vitamin B untuk menutrisi otak dan menambah daya konsenstrasi. Untuk memperoleh manfaat optimal, kombinasikan produk biji-bijian dengan sumber protein yang juga mendukung kerja otak. Anda bisa mencoba menyantap roti panggang mentega dengan almond, muffin dengan telur orak-arik, atau resep praktis lainnya.

Selain biji-bijian, coba konsumsi juga almond ketika sarapan. American Journal of Epidemiology menyarankan jenis kacang tersebut sebagai salah satu sumber vitamin E terbaik. Sengenggam almond (kiran-kira 23 butir) sudah memenuhi 37% kebutuhan harian Anda akan vitamin E. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak tersebut penting untuk mencegah penurunan daya ingat terutama pada orang tua. Almond juga mengandung zat gizi lain dalam komposisi seimbang seperti protein, serat, serta lemak sehat.

Anggur

Sebuah studi kesehatan mengungkapkan bahwa buah anggur baik anggur hijau, merah, maupun hitam memiliki kandungan antioksidan tinggi yang penting untuk kesehatan otak. Penelitian lain terhadap anggur juga menyatakan bahwa buah tersebut bermanfaat untuk menangkal stres dan peradangan pada otak. Coba tambahkan anggur dalam parfait atau smoothie yang biasa Anda konsumsi saat pagi hari untuk merasakan manfaatnya.

Selain anggur, buah blueberry juga baiki dikonsumsi pada waktu sarapan. Buah tersebut kaya akan tannin untuk melindungi sel-sel otak serta meningkatkan daya ingat. Blueberry juga mengandung antikoksidan dan senyawa lain yang berguna untuk meningkatkan kinerja otak. Anda dapat menambahkan blueberry dalam berbagai menu sarapan seperti yogurt, oatmeal, roti panggang, atau smoothie.

Oat

Makanan tersebut mengandung zat besi, seng, potassium, dan vitamin B. Keempat nutrisi tersebut penting untuk mendukung kerja otak. Manfaat oat untuk otak juga didukung oleh penelitian kesehatan yang menyatakan bahwa anak-anak pengkonsumsi oat 20% lebih cerdas dibanding anak lain yang mengkonsumsi sereal manis setiap paginya. Oat juga kaya serat sehingga perut tidak mudah lapar. Agar lebih nikmat disantap, kombinasikan oat dengan makanan lain seperti kacang atau buah-buahan.

Buah Apel

Dalam apel banyak terkandung antioksidan quercetin. Para peneliti dari Cornell University menyatakan bahwa  bermanfaat melindungi sel-sel otak dari radikal bebas. Radikal bebas pada otak biasanya merusak lapisan luar neuron halus dan mengakibatkan penurunan daya kognitif. Sebaiknya konsumsi apel tanpa dikupas karena quercetin tertinggi terletak pada bagian kulit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *